Kami merupakan lembaga jasa konsultan yang memiliki spesialiasi dan keahlian dalam menyediakan kapasitas maupun jasa profesional inovatif dalam mendukung dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, melalui pendekatan Keruangan, Kewilayahan, dan Ekologi Landscap serta ditunjang dengan prinsip-prinsip scientific serta strategi komunikasi yang efektif.

Jumat, 09 Desember 2011

MEMETAKAN DI GOOGLE EARTH DAN MENGKONVERSINYA DALAM BENTUK SHAPEFILE

Bersyukurlah kita dengan kehadiran Google Earth. Google Earth tak hanya sekedar digunakan untuk mencari lokasi atau memperlihatkan kenampakan visual suatu wilayah dari langit semata, namun fitur-fitur di dalamnya mempermudah kita dalam melakukan mapping dengan baik karena beberapa citra beresolusi tinggi terdapat di dalam Google Earth. Selain itu, Google Earth mempunyai akses kepada softwere-softwere GIS lainnya. Beberapa ekstensi baru pun bermuncul untuk melakukan link dari softwere GIS kepada Google earth sehingga mempermudah kita dalam melakukan analisis spasial suatu wilayah dengan bantuan visualisasi wilayah sangat detail dari google earth.

Kali ini, kita akan belajar bagaimana melakukan mapping atau digitasi dari Google Earth yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam softwere Gis. Beberapa softwere yang dibutuhkan adalah tentunya Google Earth, Global Mapper, Arc GIS maupun Arc View. Langkah awal yakni digitasi di dalam Google Eearth, kemudian hasil digitasi disimpan dalam bentuk kml data (*kml/kmz). Kemudian dengan bantuan Global Mapper, kita akan mengkonversi/mengekspor dari kml/kmz menjadi data shapefile untuk bisa ditampilkan dan diolah dalam softwere GIS.

Kelebihan cara ini adalah, anda dapat mempertahankan informasi atribut dari setiap feature yang telah anda buat dalam Google Earth.

Untuk mempelajarinya, silahkan download tutorial yang telah saya buat pada link di bawah ini

TUTORIAL DIGITASI DI GOOGLE EARTH DAN KONVERSI/EKSPOR KE DALAM SHAPEFILE (SHP).rar

Tidak ada komentar: