Kami merupakan lembaga jasa konsultan yang memiliki spesialiasi dan keahlian dalam menyediakan kapasitas maupun jasa profesional inovatif dalam mendukung dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, melalui pendekatan Keruangan, Kewilayahan, dan Ekologi Landscap serta ditunjang dengan prinsip-prinsip scientific serta strategi komunikasi yang efektif.

Jumat, 09 Desember 2011

Download Gratis Kontur Pulau Jawa

Data kontur amat sangat bermanfaat, karena dengan hanya bermodalkan data tersebut, anda bisa membuat data spasial ketinggian, kemiringan lereng, potensi longsor, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, saya telah meng-generate data kontur dengan interval 25 m dengan harapan data tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Data kontur ini tentunya bermanfaat mungkin sebagai data penunjang untuk melakukan latihan penggunaan softwere GIS maupun data pendukung penelitian.
data kontur ini bersumber dari data citra aster GDEM yang beresolusi 30 m dengan format shapefile (shp). Pada postingan sebelumnya, saya sudah memberikan langkah-langkah bagaimana cara mendownload citra aster gdem.
Kemudian pada postingan sebelumnya, saya juga sudah menjelaskan bagaimana cara membuat data kontur dari data citra satelit ASTER GDEM tersebut. Oleh karena itu, sebenarnya anda juga bisa membuat kontur sendiri dengan panduan tutorial yang telah saya sediakan. Citra satelit aster GDEM telah disediakan untuk seluruh muka bumi, dan anda bisa mendownload dan bahkan mengolahnya menjadi kontur. Namun proses untuk membuat/meng-generate kontur tersebut sangat lama bila wilayahnya sangat luas dengan topografi heterogen disertai interval kontur yang kecil.
Untuk menggenerate kontur Pulau Jawa dari aster GDEM yang telah saya lakukan telah menghabiskan waktu 14 jam. Namun kini saya bagikan secara cuma-cuma buat anda hasil generate kontur tersebut. Semoga data tersebut dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar: