Kami merupakan lembaga jasa konsultan yang memiliki spesialiasi dan keahlian dalam menyediakan kapasitas maupun jasa profesional inovatif dalam mendukung dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, melalui pendekatan Keruangan, Kewilayahan, dan Ekologi Landscap serta ditunjang dengan prinsip-prinsip scientific serta strategi komunikasi yang efektif.

Jumat, 09 Desember 2011

Identifikasi wilayah rawan longsor dengan menggunakan ekstensi SINMAP dalam Arc View 3.3

Sinmap merupakan salah satu ekstensi tambahan dalam softwere Arc View yang digunakan untuk mengidentifikasi wilayah rawan longsor dengan melihat stabil atau tidaknya tanah di suatu wilayah. Selain itu, SINMAP ini juga mampu menterjemahkan tingkat kelembapan tanah di suatu wilayah. Data yang digunakan adalah data ketinggian atau Data Elevation Model (DEM) yang berupa data raster. Dapat dikatakan, hasil identifikasi ini sebenarnya merupakan hasil analisis DEM menjadi tingkat kemiringa lereng (slope) dan aliran air (flow direction) dari suatu wilayah yang kemudian dengan pengolahan data raster dengan menerapkan model spasial diterjemahkan menjadi wilayah tingkat kestabilan dan tingkat kelembapan tanah.

Jika anda tertarik untuk mempelajari ekstensi yang satu ini, berikut saya buatkan tutorial singkat (beserta sampel untuk latihan) serta instalasi dan cara menginstalnya di Arc View.

Anda dapat mendownload di link berikut :

Identifikasi wilayah rawan longsor dengan menggunakan ekstensi SINMAP dalam Arc View 3

dan anda dapat mendownload ekstensi tambahan sinmap untuk arcview ini disertai sampel untuk mendukung latihan anda dalam tutorial tersebut di bawah ini :

http://www.4shared.com/file/L-j8K2nK/lat_sinmap.html

Selamat mencoba

Tidak ada komentar: