Kami merupakan lembaga jasa konsultan yang memiliki spesialiasi dan keahlian dalam menyediakan kapasitas maupun jasa profesional inovatif dalam mendukung dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, melalui pendekatan Keruangan, Kewilayahan, dan Ekologi Landscap serta ditunjang dengan prinsip-prinsip scientific serta strategi komunikasi yang efektif.

Jumat, 09 Desember 2011

DOWNLOAD GEOLOGI SELURUH JAWA

Saya memberikan link download peta geologi Indonesia dengan skala 1:5.000.000berupa scanning peta cetakan dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi dan data vector garis dengan format dxf (format CAD – interchange file berekstensi dwg). Skalanya bisa dibilang sangat kecil, namun kini Anda bisa mendownload peta geologi Indonesia dengan skala 1:250.000.

Peta geologi Indonesia dengan skala 1:250.000 tersebut di sediakan oleh Mas Idung Risdiyanto. Atribut peta terdiri dari simbol geologi, umur, formasi, pembawa, mineral dan keterangan. Tidak semua atribut data tersebut lengkap terisi dalam tabel dbf-nya. Guna melengkapinya, maka dapat dilihat dalam dokumen SNI 13-4691-1998 tentang Penyusunan Peta Geologi (link download dokumen tersebut tersedia di blog banyudata).

Saat ini Mas Idung baru mengupload untuk Pulau Jawa dan Sumatera yang di bagi dalam grid-grid. Saya sendiri berharap Mas Idung segera melengkapi hingga seluruh Indonesia. Berikut adalah screenshot layout dan attribute berdasarkan data peta geologi Indonesia tersebut :

Tampilan Layout Peta Geologi Skala 1:250.000

Attribute Peta Geologi




Peta geologi adalah bentuk ungkapan data dan informasi geologi suatu daerah/wilayah/kawasan dengan tingkat kualitas berdasarkan skala yang menggambarkan informasi sebaran dan jenis serta sifat batuan, umur, stratigrafi, stuktur, tektonika,fisiografi dan sumberdaya mineral serta energi. Penyajian peta geologi berupa gambar dengan warna, simbol dan corak atau gabungan ketiganya. Penjelasan berisi informasi, misalnya situasi daerah, tafsiran dan rekaan geologi, dapat diterangkan dalam bentuk keterangan pinggir.
Format file peta adalah ESRI shapefile (*.shp) yang telah dikompres dalam zip file.
Skala peta adalah 1:250000. Atribut peta terdiri dari simbol geologi, umur, formasi, pembawa, mineral dan keterangan. Tidak semua atribut data tersebut lengkap terisi dalam tabel dbf-nya. Guna melengkapinya, maka dapat dilihat dalam dokumen SNI 13-4691-1998 tentang Penyusunan Peta Geologi.

Link Download Peta geologi:

Tidak ada komentar: