Kami merupakan lembaga jasa konsultan yang memiliki spesialiasi dan keahlian dalam menyediakan kapasitas maupun jasa profesional inovatif dalam mendukung dan mempromosikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan secara berkelanjutan dan bertanggung jawab, melalui pendekatan Keruangan, Kewilayahan, dan Ekologi Landscap serta ditunjang dengan prinsip-prinsip scientific serta strategi komunikasi yang efektif.

Sabtu, 05 Oktober 2013

Pelatihan Software GIS Tingkat Dasar, Menengah dan Mahir

Secara umum Sistem informasi geografis atau sering disebut geographic information system (GIS) merupakan kumpulan sistem dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data memasukan, mengelola, menganalisa dan menampilkan semua informasi geografi.
Dengan SIG memungkinkan kita dapat dengan mudah memahami, mengerti, menginterpretasikan serta membuat visualisasi data geografi sehingga dapat mengetahui pola, hubungan dan tren dalam bentuk output peta tematik, tabel dan grafik serta laporan deskripsi.
Pemanfaatan aplikasi Sistem Informasi Geografis memiliki peranan yang penting dalam berbagai bidang dewasa ini, dengan kemajuan teknologi dan metode yang semakin berkembang berbagai persoalan keruangan yang pada awalnya memerlukan proses yang rumit dan memakan waktu, menjadi lebih mudah untuk dilakukan.
Untuk menguasai aplikasi GIS secara khusus tentunya memerlukan kemampuan sumberdaya manusia dan alat yang memadai. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan hasil pengolahan data spasial yang baik dan optimal.
Pelatihan Aplikasi GIS tingkat dasar sendiri adalah pelatihan yang dirancang selama 2 - 3 hari. Dalam pelatihan diharapkan peserta pelatihan dapat memulai untuk belajar, mengenal dan menguasai prinsip-prinsip Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan menggunakan software ArcGIS dan juga Open source.  Peserta pelatihan akan mempunyai kemampuan untuk membuat dan mengelola data spasial serta peta digital. Data spasial tersebut berguna dalam pengambilan berbagai keputusan seperti perencanaan, proyek di lembaga/institusi, pemetaan khususnya dalam konteks perencanaan dan pengelolaan SDA.
Materi Pelatihan
Penyampaian materi pelatihan dilakukan secara bertahap mengenai konsep hingga praktek aplikasi GIS praktis dengan software GIS. Pelatihan dilakukan dalam suasana informal dengan menekankan pada praktek study kasus yang dihadapi oleh peserta.
Hasil pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mampu mengolah berbagai jenis data menjadi data GIS / data spasial, dan memiliki kemampuan dalam menyajikan berbagai data dalam bentuk spasial yang siap pakai sesuai dengan tujuan pengguna.
Metode pelatihannya
  • Pelatihan dilakukan selama 2 – 3 hari
  • Pelatihan dilakukan sesuai kesepakatan
  • Jumlah peserta dibatasi minimal 2 orang dan maksimal 4 orang untuk efektifitas.
  • Peserta wajib menyediakan Laptop sendiri
  • Presentasi dari narasumber dengan sesi diskusi / tanya jawab
Fasilitas Pelatihan
  • Manual / Modul GIS
  • Dokumentasi dan materi pelatihan (softcopy)
  • Akomodasi selama pelatihan (optional)
  • Konsumsi selama pelatihan
Biaya Pelatihan
Tersedia paket pelatihan sesuai dengan kebutuhan  silahkan hubungi kami di 085694924971
email: citrageografi@yahoo.com

Informasi dan pendaftaran dapat menghubungi :

Tidak ada komentar: